EFEK MODEL POBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN DI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.A. 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model problem based learning terhadap peningkatan literasi sains siswa pada materi pokok momentum, impuls dan tumbukan di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X semester genap SMA Negeri 2 Lubuk Pakam yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda, kelas X-MIA 2 sebagai kelas eksperimen dengan model problem based learning dan X- MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes literasi sains yakni tes esai yang terdiri dari 7 item dan diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 54,44 dan kelas kontrol 35,08. Setelah diuji dengan uji t menunjukkan bahwa ada efek model problem based learning terhadap peningkatan literasi sains siswa pada materi pokok momentum, impuls, dan tumbukan di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.A. 2017/2018.
Kata Kunci: problem based learning, literasi sains, momentum, impuls dan tumbukan.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11117
Article Metrics
Abstract view : 352 timesPDF - 404 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.