MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Muktar B. Panjaitan

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa setelah memodifikasi Problem Based Learning dengan memasukkan unsur penyajian masalah pada salah satu sintaksnya. Uji coba dilakukan pada siswa kelas X jurusan matematika sains sebanyak dua kelas pada satu sekolah. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan tes. Tes pemahaman konsep menggunakan soal essay sebanyak 12 soal sedangkan tes keterampilan berpikir kritis menggunakan soal essay sebanyak 4 soal. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan uji statistik inferensial dengan uji-t dua sampel berpasangan. Model pembelajaran berbasis Problem Based Learning efektif meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Peningkatan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa berada pada 0.7 > n-gain > 0.3 dengan kategori. Pencapaian n-gain untuk kedua kelas implemtasi konsisten capaian berkategori sedang.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11118

Article Metrics

Abstract view : 242 times
PDF - 579 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.