PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA N 11 MEDAN T.P 2017/2018
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 11 Medan. Jenis penelitian adalah quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan two group pretest – postest. Instrumen penelitian yang digunakan ada dua yaitu instrumen tes hasil belajar dan instrumen non tes aktvitas siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA yang terdiri dari 6 kelas dan sampel diambil secara random sampling yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning dan X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Hasil penelitian diperoleh nilai rata – rata postes kelas eksperimen 71,1 dengan standar deviasi 12,34 dan kelas kontrol 47,36 dengan standar deviasi 15,10. Analisis uji t disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan mind mapping pada materi usaha dan energi di kelas X SMAN 11 Medan T.P 2017/2018.
Kata Kunci: discovery learning, mind mapping, hasil belajar, aktivitas siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11122
Article Metrics
Abstract view : 659 timesPDF - 603 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.