ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MENYELESAIKAN MASALAH FISIKA PADA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran Fisika yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan direct teaching terhadap kemampuan berfikir kritis. Sampel penelitian dipilih secara acak dengan mengundi 4 kelas yang ada untuk mendapat 2 kelas sebagai sampel penelitian kelas pertama akan diajar dengan model pembelajaran inkuiri, kelas kedua akan diajar dengan model direct teaching. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu pertama tes kemampuan berfikir kritis dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa antara model pembelajaran inkuiri dan direct teaching dengan rata-rata lebih tinggi pada kelompok inkuiri dibandingkan DI.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Berfikir Kritis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11126
Article Metrics
Abstract view : 706 timesPDF - 749 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.