ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MENYELESAIKAN MASALAH FISIKA PADA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

Muhammad Aswin Rangkuti, Ridwan A. Sani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran Fisika yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan direct teaching terhadap kemampuan berfikir kritis. Sampel penelitian dipilih secara acak dengan mengundi 4 kelas yang ada untuk mendapat 2 kelas sebagai sampel penelitian kelas pertama akan diajar dengan model pembelajaran inkuiri, kelas kedua akan diajar dengan model direct teaching. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu pertama tes kemampuan berfikir kritis dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa antara model pembelajaran inkuiri dan direct teaching dengan rata-rata lebih tinggi pada kelompok inkuiri dibandingkan DI.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Berfikir Kritis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11126

Article Metrics

Abstract view : 653 times
PDF - 717 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.