PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR KOMBINASI KOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF, PSIKOMOTOR DAN AFEKTIF MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UMUM I
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimanakah pengaruh model pembelajaran siklus belajar yang dikombinasi dengan model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan kognitif dalam pembelajaran Fisika Umum I ?; (2) bagaimanakah aktivitas belajar mahasiswa dalam model siklus belajar yang dikombinasi dengan model pembelajaran kooperatif ?; (3) bagaimanakah pendapat mahasiswa tentang penerapan model belajar siklus belajar yang dikombinasi dengan model pembelajaran kooperatif? dan (4) faktor-faktor apakah yang mempengaruhi model model pembelajaran siklus belajar yang dikombinasi dengan model pembelajaran kooperatif?.
Hasil penelitian adalah (1) Ada pengaruh model pembelajaran siklus belajar kombinasi koperatif terhadap tingkat kemampuan kognitif, psikomotor dan afektif mahasiswa pada pembelajaran Fisika Umum I, (2) Aktivitas mahasiswa dalam partisipasi kelompok meningkat dari kategori kurang (56,1) pada pertemuan I menjadi kategori cukup (68,2) pada pertemuan II, aktivitas persentase kelompok meningkat dari kategori cukup (64) pada pertemuan I menjadi kategori baik (74) pada pertemuan II. Dan (3). Pendapat mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran siklus belajar kombinasi koperatif adalah menyatakan bahwa pembelajaran memberikan pengalaman belajar menyenangkan karena mahasiswa aktif dalam pembelajaran, dapat menemukan hal-hal baru, punya rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, dapat saling bertukar informasi. menjadi lebih semangat dan termotivasi karena diberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan kreativitas yang mereka miliki.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Siklus Belajar Kombinasi Kooperatif, Kemampuan Kognitif, Psikomotor dan Afek
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v1i1.1189
Article Metrics
Abstract view : 142 timesPDF - 94 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.