PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI MAHASISWA

Mariati Purnama Simanjuntak

Abstract


Telah berhasil dikembangkan suatu model pembelajaran fisika yang disebut model pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah. Metode pengembangan model pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah adalah R and D melalui langkah-langkah 4-D, yaitu define, design, develop and disseminate. Secara garis besar, model pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah yang berhasil dikembangkan dicirikan dengan sintaks, meliputi: fase mengorientasikan mahasiswa pada masalah, fase mengorganisasikan mahasiswa untuk belajar, fase membimbing penyelidikan individual dan kelompok, fase mengembangkan dan menyajikan hasil penyelidikan, dan fase penguatan dan merefleksikan. Untuk melihat efektivitas model pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan metakognisi mahasiswa, telah dilakukan ujicoba terbatas tentang penggunaan model dalam pembelajaran fisika dasar di perguruan tinggi. Subyek dalam penelitian ujicoba terbatas adalah mahasiswa pendidikan fisika pada salah satu perguruan tinggi di Medan tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 25 orang. Metode ujicoba yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Data pengetahuan dan keterampilan metakognisi dikumpulkan  dengan tes berbentuk uraian. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan metakognisi mahasiswa dinilai berdasarkan perbandingan rerata nilai gain yang dinormalisasi, N-gain. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah pada topik kinematika partikel dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan metakognisi mahasiswa, termasuk kategori sedang.

 

Kata kunci: model pembelajaran berbasis pemecahan masalah, pengetahuan dan keterampilan metakognisi, kinematika partikel


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v1i1.1193

Article Metrics

Abstract view : 475 times
PDF - 375 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.