PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi suhu dan kalor kelas X semester II SMA Negeri 5 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah two group pretest– posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan sebanyak 7 kelas paralel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yang masing- masing berjumlah 33 siswa di SMA Negeri 5 Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk essay dengan jumlah 7 soal yang sudah divalidasi. Lembar penilaian sikap dan lembar keterampilan siswa. Hasil analisis data dengan uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 5 Medan T.P. 2017/2018.
Kata kunci : model problem based learning, suhu dan kalor, kemampuan pemecahan masalah.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12478
Article Metrics
Abstract view : 469 timesPDF - 436 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.