DESAIN EVALUASI HASIL BELAJAR FISIKA BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI

Agnes Br Manurung, Juniastel Rajagukguk

Abstract


Computer Based Test (CBT) menjadi salah satu yang banyak dilirik dalam dunia pendidikan dalam beberapa dekade terakhir karena keuntungan yang dapat diperoleh, soleh karena itu CBT sangat perlu diterapkan terutama dalam bidang evaluasi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes berbasis CBT pada materi pokok usaha dan energi. Jenis penelitian yang dilakukan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini meliputi 4 tahap, yaitu: (1)define, (2)design, (3)development, (4)disseminate. Penelitian ini dilaksanakan hingga tahap design, dikarenakan keterbatasan waktu dan kemampuan peneliti dalam pelaksanaan penelitian ini. Define yaitu dilakukan analisis kebutuhan siswa. Instrumen soal yang ada pada CBT ini dibuat sesuai dengan kurikulum 2013 revisi. Instrumen soal sebelum diberikan kepada siswa dilakukan validasi oleh pakar dan validiasi ramalan. Design yaitu perancangan CBT. Development, melaksanakan uji coba terbatas dan melakukan revisi. Tahap disseminate, uji coba skala luas dan revisi. Software yang digunakan dalam perancangan CBT ini yaitu learning management system Moodle. CBT dicobakan terlebih dahulu dan divalidasi oleh pakar. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu diketahuinya proses tahapan pembuatan, penggunaan, dan keefektifan CBT.

 

Kata Kunci: evaluasi hasil belajar, CBT, moodle


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12479

Article Metrics

Abstract view : 725 times
PDF - 537 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.