PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN T.P. 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran induktif terhadap hasil belajar fisika pada materi teori kinetik gas di kelas XI Semester II SMA Negeri 15 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pre-test-post-test. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda, yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 46,97 dan kelas kontrol adalah 53,1. Setelah pembelajaran selesai diberikan post-test dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 63,93 dan kelas kontrol adalah 54,7. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran induktif terhadap hasil belajar fisika pada materi teori kinetik gas dikelas XI Semester II SMA Negeri 15 Medan T.P 2016/2017.
Kata Kunci: model pembelajaran, induktif, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12481
Article Metrics
Abstract view : 227 timesPDF - 225 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.