PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM, IMPUSLS DAN TUMBUKAN KELAS X SEMESTER II DI SMA N 1 PANCURBATU TP. 2016/2017

Jujur Monasari Simatupang, Pintor Simamora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning  terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum, impuls dan tumbukan. Jenis penelitian ini adalah quasi experimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas X MIA 5 dengan menggunakan model pembelajaran discovery  dan kelas X MIA 4 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah esai tes sebanyak 5 soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes. Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 41,35 dan 41,25. Kedua  kelas mempunyai kemampuan awal yang sama. Selanjutanya nilai rata-rata postes kelas eksperimen 71,48 dan kelas kontrol 54,16. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian uji hipotesis membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning  berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum, impuls dan tumbukan di kelas X semester II SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P 2016/2017

 

Kata Kunci : discovery learning, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12482

Article Metrics

Abstract view : 377 times
PDF - 415 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.