PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 MEDAN T.P. 2016/2017

Authors

  • Lindang Marturasi Pakpahan Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan
  • Rappel Situmorang Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12484

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas X SMA Negeri 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Sampel penelitian 2 kelas ditentukan dengan teknik random sampling yaitu kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas X-MIA 4 sebagai kelas control diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar berbentuk essay yang terdiri dari 8 soal, lembar observasi penilaian sikap dan keterampilan. Hasil nilai pretes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 24,32 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 23,96. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 70,04 dan kelas kontrol yaitu 60,88. Hasil analisis uji t didapat thitung>ttabel (4,341>1,676) sehingga ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika siswa akibat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi Momentum dan Impuls di kelas X SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Kata Kunci : pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, momentum dan impuls

Downloads

Published

2019-02-16

Issue

Section

Articles