PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS X SMAN 2 PERCUT SEI TUAN T.A. 2017/2018

Matias Irfan, Sehat Simatupang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus Kelas X Semester I SMA N 2 Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas X IPA-1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelas X IPA-3 dengan pembelajaran konvensional. Jumlah siswa masing-masing kelas berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk uraian dengan jumlah 8 soal yang sudah dinyatakan valid oleh validator dan lembar observasi aktivitas siswa yang dilakukan oleh dua observer. Uji hipotesis digunakan uji beda (uji t), uji prasyarat yang dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas maka berdasarkan hasil uji t dapat dikatakan ada pengaruh penggunaan model kooperatif tipe group investigation pada materi gerak lurus Kelas X Semester I SMA N 2 Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018.

 

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, hasil belajar, gerak lurus

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12486

Article Metrics

Abstract view : 225 times
PDF - 313 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.