PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS X SMAN 2 PERCUT SEI TUAN T.A. 2017/2018

Nur Ainun Purba, Khairul Amdani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Namorambe T.P. 2017/2018.  Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Namorambe yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan Sampel tunggal kelas XI MIA I sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan  dengan menggunakan model problem based learning dan kelas XI-MIA II sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu instrumen divalidkan oleh ahli dan oleh dua orang dosen. Instrumen yang divalidasi dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk essai sebanyak 10 soal. Dari hasil penelitian diperoleh, diperoleh nilai rata – rata pretes kelas eksperimen 29,26 dengan standar deviasi 6,97 dan pada kelas kontrol sebesar 26,4 dengan standar deviasi 8,41. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh nilai rata –rata kelas eksperimen 71,5 dengan standar deviasi 9,57 dan kelas kontrol 64,83 dengan standar deviasi 9,23. Melalui pengujian statistik menggunakan uji-t satu pihak dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Negeri 1 Namorambe T.P.2017/2018.

 

Kata Kunci: model problem based learning, hasil belajar, konvensional


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12487

Article Metrics

Abstract view : 170 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.