PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model project based learning terhadap keterampilan proses sains fisika siswa pada materi pokok momentum dan impuls. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pre-test-post-test. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil dua kelas dari tujuh kelas yaitu kelas X MIA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan proses sains berbentuk uraian yang terdiri dari 8 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur keterampilan proses sains selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 36,17 dan kelas kontrol adalah 34,09.Setelah pembelajaran selesai diberikan post-test dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 71,02 dan kelas kontrol adalah 61,55. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model project based learning terhadap keterampilan proses sains fisika siswa pada materi pokok momentum dan impuls.
Kata Kunci: project based learning, keterampilan proses sains, momentum dan impuls
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12488
Article Metrics
Abstract view : 269 timesPDF - 284 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.