PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM T.P. 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas X MIA 2 dengan jumlah siswa 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : tes hasil belajar, dan lembaran observasi aktivitas siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay tes dengan jumlah 10 soal. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 39,40 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,08. Setelah diberikan perlakuan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen menjadi 76,17 dan kelas kontrol 61,69. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Suhu dan Kalor di kelas X Semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017.
Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran konvensional, hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas X MIA 2 dengan jumlah siswa 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : tes hasil belajar, dan lembaran observasi aktivitas siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay tes dengan jumlah 10 soal. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 39,40 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,08. Setelah diberikan perlakuan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen menjadi 76,17 dan kelas kontrol 61,69. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Suhu dan Kalor di kelas X Semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017.
Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran konvensional, hasil belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12489
Article Metrics
Abstract view : 232 timesPDF - 255 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.