PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PELAJARAN FISIKAT.P 2016/2017

Theresia A Sitinjak, Ratelit Tarigan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadap keterampilan proses sains pada materi Getaran Harmonis dikelas X Semester II di SMA 2 Negeri Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-6 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X-8 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 34 siswa yang ditentukan  dengan cluster random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay yang berjumlah 10 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian dipeoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 46,38 dan nilai rata-rata kelas kontrol 49,22. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,57 dan kelas kontrol 66,42. Berdasarkan hasil uji t disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajarsiswaakibat pengaruh model latihan inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Getaran Harmonis di kelas X Semester II di SMA Negeri 2 Medan T.P 2016/2017. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Latihan Inkuiri, Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran Konvensional.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12490

Article Metrics

Abstract view : 186 times
PDF - 229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.