PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P 2017/2018

Wahyuni Artika Ritonga, Sabani Sabani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok gelombang bunyi kelas XI di SMA N 1 Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA N 1 Tanjung Morawa terdiri dari 6 kelas berjumlah 192 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 siswa dan kelas XI MIA-3 sebagai kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains yang terdiri dari 10 soal essay. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok gelombang bunyi di kelas XI SMA N 1 Tanjung Morawa.

 

Kata kunci : discovery, keterampilan proses sains, gelombang bunyi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12492

Article Metrics

Abstract view : 307 times
PDF - 438 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.