PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGAPUNGGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida statis kelas XI IPA Semester II di SMAN 1 Silima Punggapungga T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest design dan populasi siswa kelas XI IPA semester II yang terdiri 6 kelas. Pengambilan sampel dengan cara purpose sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen (34 orang) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol (34 orang). Instrumen tes hasil belajar berbentuk essai berjumlah 5 soal dan lembar observasi aktivitas. Uji hipotesis menggunakan anava satu jalur dengan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 28,68 dengan standar deviasi 9,74 dan nilai rata-rata kelas kontrol 30,69 dengan standar deviasi 7,29. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 77,65 dengan standar deviasi 11,01 dan kelas kontrol 72,79 dengan standar deviasi 8,27. Hasil pengolahan data postes (anava) diperoleh Fhitung = 4,08 dan Ftabel = 3,998, sehingga Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida statis kelas XI IPA Semester II di SMA Negeri 1 Silima Punggapungga T.P 2016/2017.
Kata kunci : model problem based learning (PBL), fluida statis, kemampuan pemecahan masalah.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.13368
Article Metrics
Abstract view : 402 timesPDF - 426 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.