PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN T.P 2016/2017

Agnes Yuniarni Telaumbanua, Eidi Sihombing

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA Semester II yang terdiri dari 6 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berjumlah 5 soal dalam bentuk essai yang telah divalidasi, lembar observasi sikap dan lembar keterampilan. Berdasarkan hasil observasi di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap dan keterampilan siswa dalam kategori baik sedangkan rata-rata sikap di kelas kontrol termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil uji hipotesis menggunakan anava satu jalur diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.P 2016/2017 dengan pembelajaran konvensional.

Kata kunci : model pembelajaran inkuiri terbimbing, pembelajaran konvensional, hasil belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbingterhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalahquasi eksperimen dengan two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas X MIA Semester II yang terdiri dari 6 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan cararandom sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelaseksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas X MIA 6 sebagaikelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasilbelajar yang berjumlah 5 soal dalam bentuk essai yang telah divalidasi, lembar observasi sikap danlembar keterampilan. Berdasarkan hasil observasi di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap danketerampilan siswa dalam kategori baik sedangkan rata-rata sikap di kelas kontrol termasuk dalamkategori cukup baik. Hasil uji hipotesis menggunakan anava satu jalur diperoleh ada pengaruh yangsignifikan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X semesterII SMA Negeri 15 Medan T.P 2016/2017 dengan pembelajaran konvensional.Kata kunci : model pembelajaran inkuiri terbimbing, pembelajaran konvensional, hasil belaja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i1.13502

Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF - 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.