PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Khairuna Khairuna, Jonny H. Panggabean

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA di MAN 2 Model Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan random sampling yaitu kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvesional. Instrumen yang digunakan adalah essai tes sebanyak 8 soal. Hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas ekperimen 31.36 dan kontrol 28.73. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama, kemudian dilakukan perlakuan yang berbeda dan diberikan postes. Hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata postes kelas ekperimen 71.49 dan kelas kontrol 60.86. Hasil uji t postes diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran fisika

Kata kunci : model problem based learning, suhu dan kalor, kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i1.13507

Article Metrics

Abstract view : 270 times
PDF - 291 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.