PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P 2016/2017

Noprilita Hutabarat, Henok Siagian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Discovery Learning  untuk meningkatkan  hasil belajar fisika siswa pada materi Fluida Statis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI-IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 15 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 46,67 dan nilai rata-rata kelas kontrol 46,66. Nilai rata-rata postes hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 69,69 dan kelas konvensional adalah 53,33. Hasil pengujian hipotesis thitung  = 6,010 dan ttabel = 1,667 sehingga thitung > ttabel maka ada pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, dan Aktivitas Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i1.13508

Article Metrics

Abstract view : 194 times
PDF - 211 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.