PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERINTEGRASI POWERPOINTTERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI KELAS X SEMESTER II SMA DHARMA PANCASILA T.P 2017/2018

Rima Nilmalasari, Karya Sinulingga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry trainingterhadap keterampilan proses sains pada materi pokok Momentum, Impuls dan Tumbukan di kelas X SMA Dharma Pancasila T.P. 2017/2018.Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pre-test Post-test. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling yaitu kelas X MIA 1 dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model inquiry trainning terintegrasi powerpoint dan X MIA 2 dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang dilakukan berbentuk essai tes sebanyak 7 soal yang telah divalidasi oleh validator. Berdasarkan hasil pengolahan data post test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 78,92  dan nilai rata-rata kelas kontrol 68,67.Hasil penelitian yang peroleh bahwa ada perbedaan nilai rata – rata dan aktivitas yang signifikan akibat pengaruh dari model pembelajaran inquiry training terintegrasi powerpoint terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Momentum, Impuls dan Tumbukan kelas X SMA Dharma Pancasila Medan T.P 2017/2018.

 

Kata Kunci: Model pembelajaraninquiry training, keterampilan proses sains, powerpoint


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i1.13511

Article Metrics

Abstract view : 197 times
PDF - 211 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.