PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DIPADU MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA N 14 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI dipadu mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X MIPA SMA N 14 Medan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA N 14 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe GI dipadu mind mapping dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Masing-masing kelas terdiri dari 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbetuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal yang sudah divalidasi, lembar penilaian aktivitas belajar siswa, dan penilaian mind mapping. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dengan α = 0,01 diperoleh ada perbedaan yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe GI dipadu mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls di SMA N 14 Medan.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, mind mapping, hasil belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i1.13512
Article Metrics
Abstract view : 338 timesPDF - 361 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.