PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap pengetahuan konseptual dan aktivitas siswa pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yang masing-masing berjumlah 32 siswa di SMA Free Methodist 1 Medan, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa pengetahuan konseptual siswa dalam bentuk esai sebanyak 10 soal. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen dalam empat kali pertemuan menunjukan peningkatan. Nilai rata-rata postes eksperimen adalah 75,15 dan kelas kontrol adalah 59,53. Setelah diuji dengan uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Free Methodist 1 Medan T.P 2017/2018.
Kata kunci : ModelĀ group investigation, aktivitas, pengetahuan konseptual.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i1.13513
Article Metrics
Abstract view : 281 timesPDF - 274 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.