PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMK SWASTA SANTO PAULUS MARTUBUNG T.P 2018/2019

Agustina Butar-butar, Nurdin Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI  terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum newton di kelas X Semester I SMK Swasta Santo Paulus Martubung T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen X TKR dan kelas kontrol X TKJ yang masing-masing berjumlah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 12 items dan lembar observasi aktivitas siswa yang dilakukan oleh dua observer. Hasil nilai pretest  diperoleh 41,69 dan posttest 74,8. Analisis uji t diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI  terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum newton di kelas X pembelajaran kooperatif tipe GI  terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum newton di kelas SMK Swasta Santo Paulus Martubung T.P 2018/2019.T.P 2018/2019.

Kata Kunci : Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar, Hukum Newton

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13962

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF - 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.