PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMK SWASTA SANTO PAULUS MARTUBUNG T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum newton di kelas X Semester I SMK Swasta Santo Paulus Martubung T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen X TKR dan kelas kontrol X TKJ yang masing-masing berjumlah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 12 items dan lembar observasi aktivitas siswa yang dilakukan oleh dua observer. Hasil nilai pretest diperoleh 41,69 dan posttest 74,8. Analisis uji t diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum newton di kelas X pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum newton di kelas SMK Swasta Santo Paulus Martubung T.P 2018/2019.T.P 2018/2019.
Kata Kunci : Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar, Hukum NewtonFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13962
Article Metrics
Abstract view : 180 timesPDF - 151 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.