PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2017/2018

July Romaitonya, Mariati Purnama Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 10 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 4 kelas, Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan teknik random sampling yaitu kelas XI-IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan  dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI-IPA 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah essai test sebanyak 7 soal. Setelah pretes dianalisis normalitas, homogenitas dan uji t ternyata kedua kelas berdistribusi normal, homogen, dan berkemmpuan sama. Kemudian dilakukan perlakuan yang berbeda lalu diberi postes menghasilkan thitung < ttabel hal ini menyatakan ada perbedaaanyang signifikan akibat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok elastisitas  dan hukum Hooke di kelas XI SMA Negeri 10 Medan T.P. 2017/2018.

Kata kunci : model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, elastisitas dan hukum Hooke

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13966

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF - 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.