PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2016/2017

Kartini Silitonga, Rappel Situmorang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching  terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di Kelas XI SMA Negeri 4 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI semester genap SMA Negeri 4 Medan yang terdiri dari 11 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda dengan jumlah masing-masing 40 siswa, kelas XI-MIA6 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran quantum teaching dan XI-MIA3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 15 soal dengan 5 option dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil nilai pretes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 37,88 dan kelas kontrol 39,44. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata postes kelas eksperimen 71,64 dan kelas kontrol 66,92. Hasil analisis uji t didapat thitung>ttabel (1,718 > 1,676) sehinnga ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI SMA Negeri 4 Medan T.P. 2016/2017.

Kata kunci : quantum teaching, hasil belajar, fluida dinamis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13967

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.