PEMBELAJARAN KREATIF-INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan pemahaman konsep dan berpikir kratif mahasiswa pada mata kuliah Fisika Dasar I dengan topik Mekanika. Penentuan sample menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan tes tertulis pemahaman konsep & berpikir kreatif. Analisis data dengan menggunakan statistik deskripsi dan statistik inferensial uji t berpasangan. Model pembelajaran kreatif-inkuiri efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan berpikir kreatif mahasiswa untuk mata kuliah Fisika Dasar I pada topik Mekanika, dengan 0,3 < n gain < 0,7. Statistik inferensial juga menunjukkan nila sig: p < 0,05 bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah pembelajaran menggunakan model kreatif-inkuiri.
Kata kunci : Kreatif-inkuiri, pemahaman konsep dan berpikir kreatifFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13968
Article Metrics
Abstract view : 112 timesPDF - 141 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.