PEMBELAJARAN KREATIF-INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA

Muktar Panjaitan, Andriono Manalu

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan pemahaman konsep dan berpikir kratif mahasiswa pada mata kuliah Fisika Dasar I dengan topik Mekanika. Penentuan sample menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan tes tertulis pemahaman konsep & berpikir kreatif.  Analisis data dengan menggunakan statistik deskripsi dan statistik inferensial uji t berpasangan. Model pembelajaran kreatif-inkuiri efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan berpikir kreatif mahasiswa untuk mata kuliah Fisika Dasar I pada topik Mekanika, dengan 0,3 < n gain < 0,7. Statistik inferensial juga menunjukkan nila  sig: p < 0,05 bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah pembelajaran menggunakan model kreatif-inkuiri.

Kata kunci : Kreatif-inkuiri, pemahaman konsep dan berpikir kreatif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13968

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF - 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.