PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X MIA SEMESTER II SMA NEGERI 2 TARUTUNG T.P 2016/2017

Nelly Catrina Lumbantobing, Mara Bangun Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas X MIA semester II SMA Negeri 2 Tarutung T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretes-postes design dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA semester II SMA Negeri 2 Tarutung yang terdiri dari 4 kelas dengan sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay sebanyak 10 soal yang telah di validasi yang kedua adalah lembar observasi aktivitas menyelidiki siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 23,25 dan kelas kontrol adalah 22,17, setelah pembelajaran selesai diberikan postest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,10 dan kelas kontrol 71,30. Pada proses pembelajaran Problem Based Learning dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa, dimana hasilnya dikategorikan aktif sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,531 > 1,671 hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas X-MIA semester II SMA Negeri 2 Tarutung T.P. 2016/2017.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Aktivitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13970

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.