PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK SEDERHANA DI KELAS X SEMESTER II SMAN 10 MEDAN T.A. 2017/2018

Winda Risnawati, Mariati Purnama Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan simulasi komputer terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian Two Group Pretest- Postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 10 Medan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu X MIA-3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes KPM dalam bentuk essay dengan jumlah soal sebanyak 8 soal yang telah divalidasi oleh validator. Berdasarkan uji t menggunakan program SPSS menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model PBL terhadap keterampilan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil uji gain menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model PBL.

 

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Keterampilan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13971

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF - 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.