PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2017/2018

Winda Veronika, Makmur Sirait

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Momentum, Impuls dan Tumbukan di kelas X SMA Negeri 12 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 12 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel Dengan cara cluster random sampling terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa meningkat selama pembelajaran; (2) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi Momentum, Impuls, dan Tumbukan di kelas X SMA Negeri 12 Medan T.P. 2017/2018.

 

Kata Kunci: Team Assisted Individualization, Hasil Belajar, Aktivitas belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13972

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.