PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Christine Maranata Siahaan, Rappel Situmorang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi Momentum dan Impuls di kelas X semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan berbentuk tes essai sebanyak 9 soal yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil pengolahan data pre-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 26,90 dan kelas kontrol 24,70. Berdasarkan hasil pengolahan data post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 73,10 dan kelas kontrol 64,13. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji hipotesis thitung>ttabel hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi Momentum dan Impuls di kelas X Semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2017/2018.

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran berbasis masalah, momentum dan impuls.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i3.14561

Article Metrics

Abstract view : 150 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.