PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi Momentum dan Impuls di kelas X semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan berbentuk tes essai sebanyak 9 soal yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil pengolahan data pre-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 26,90 dan kelas kontrol 24,70. Berdasarkan hasil pengolahan data post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 73,10 dan kelas kontrol 64,13. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji hipotesis thitung>ttabel hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi Momentum dan Impuls di kelas X Semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2017/2018.
Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran berbasis masalah, momentum dan impuls.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i3.14561
Article Metrics
Abstract view : 150 timesPDF - 151 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.