ANALISIS PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS X MADRASAH ALIYAH

Herliani Putri, Sahyar Sahyar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas proses pembelajaran fisika, berpikir kritis fisika dan hasil belajar fisika (2) mengetahui pengaruh proses pembelajaran fisika terhadap hasil belajar fisika (3) mengetahui pengaruh berpikir kritis fisika terhadap hasil belajar fisika dan (4) mengetahui pengaruh proses pembelajaran fisika dan berpikir kritis fisika secara simultan terhadap hasil belajar fisika siswa dikelas X Madrasah Aliyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIA MAN 1 Medan dengan jumlah populasi 338 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 siswa yang diambil dari teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket dan soal data sekunder nilai fisika. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji t dan uji F. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedasitas. Melalui analisis data diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 8,74 + 0,26X1 + 0,41X2 + e, dimana X1 adalah variabel proses pembelajaran dan X2 adalah variabel berpikir kritis, dengan nilai koefisien determinasi  50%. Melalui pengujian hipotesis diperoleh adanya pengaruh parsial yang signifikan dari variabel proses pembelajaran fisika, berpikir kritis fisika terhadap hasil belajar fisika. Ada pengaruh simultan yang signifikan pada variabel proses pembelajaran fisika dan berpikir kritis fisika terhadap hasil belajar fisika, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh parsial yang positif pada variabel proses pembelajaran fisika terhadap hasil belajar fisika dengan koefisien regresi 0,26. Ada pengaruh parsial yang positif pada variabel berpikir kritis fisika terhadap hasil belajar fisika dengan koefisien regresi 0,41, serta ada pengaruh simultan yang positif sebesar 50% pada variabel proses pembelajaran fisika, dan berpikir kritis fisika terhadap hasil belajar fisika.

 

 Kata Kunci : proses pembelajaran fisika, berpikir kritis fisika, hasil belajar fisika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i3.14568

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF - 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.