IMPLIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Rizki Maulida, Andrian Syahputra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif  siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia di SMA Swasta Islam Terpadu Al-Fattah. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen, yaitu merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui akibat dari “sesuatu” yang dikenakan pada “subyek” yaitu siswa. Penelitian ini melibatkan dua kelas sampel yang diberi perlakuan yang berbeda. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan kelas yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran bebasis multimedia dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen adalah 58,11, pada kategori sangat kurang. kemudian setelah diberikan perlakuan adalah 85 pada kategori baik. Pada kelas kontrol adalah 58,42 dengan kategori sangat kurang, setelah diberikan perlakuan adalah 79 pada kategori sedang. Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan yaitu pada kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan rata-rata hasil belajar kognitif siswa adalah 21 dan rata-rata kelas eksperimen adalah 23. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas kontrol adalah 78 dan pada kelas kontrol adalah 81.

Kata Kunci:  Kegiatan, Hasil Belajar, Implementasi, Media Pembelajaran, Multimedia.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i3.14571

Article Metrics

Abstract view : 147 times
PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.