PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER GENAP PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 RAYA KAHEAN T.P 2016/2017

Authors

  • Thesa Irene Sari S Universitas Negeri Medan
  • Nurdin Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i3.14573

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas X semester genap pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Raya Kahean T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Raya Kahean yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training berbantu peta konsep dan satu kelas lain sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran inquiry training. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 24,97 dengan standar deviasi 11,03 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 22,23 dengan standar deviasi 10,12. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 74,39 dengan standar deviasi 10,65 dan rata-rata postes kelas kontrol sebesar 66,19 dengan standar deviasi 8,81. Hasil observasi siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training adalah 73% tergolong kategori aktif. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,50 sedangkan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel (3,50 > 1,67) maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas X semester genap pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Raya Kahean T.P 2016/2017. Kata Kunci: model pembelajaran, inquiry training, peta konsep, aktivitas, hasil belajar

Downloads

Published

2019-11-22

Issue

Section

Articles