PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HIGHER ORDER OF THINKING SKILLS (HOTS)

Andriono Manalu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan merupakan hasil pengamatan dan hasil tes tertulis yang diolah secara deskriptif untuk mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thingking skills-HOTS) siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Pematangsiantar melalui pembelajaran inkuiri terbimbing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode tes. Tes yang diberikan berupa tes Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KBTT) berbentuk uraian yang memuat gabungan indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi sebanyak 5 soal. Kesimpulan penelitian diperoleh bahwa Siswa pada kategori atas dan Siswa kategori tengah memenuhi dua indikator KBTT, yaitu indikator 1 (menganalisis informasi yang masuk dan membagi-bagi informasi atau menstrukturkan informasi ke dalam bagian yang lebih kecil untuk mengenali pola atau hubungannya) dan indikator 2 (mampu mengenali serta membedakan faktor penyebab dan akibat dari sebuah skenario yang rumit), sedangkan Siswa pada kategori bawah tidak dapat memenuhi semua indikator KBTT. Berdasarkan pengalaman peneliti disarankan dalam melakukan penelitian hendaknya KBTT tidak diajarkan dalam mata pelajaran atau topik yang terpisah, melainkan dikembangkan dalam proses pembelajaran ketika mengaplikasikan materi. Oleh karena itu, hendaknya siswa dilibatkan secara aktif dalam berpikir tingkat tinggi ketika proses pembelajaran berlangsung. Selain itu tambahan soal-soal yang berikan hendaknya menekankan analisis, evaluasi, dan sintesis serta pengembangan kemampuan berpikir.

Kata Kunci: : inquiry training, sikap ilmiah, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i3.14797

Article Metrics

Abstract view : 811 times
PDF - 563 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.