PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2019/2020

Siti Hartinah Lubis, Abd Hakim S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar fisika siswa (2) mengetahui pengaruh keterampilan proses sains terhadap hasil belajar fisika siswa (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan konvensional dengan keterampilan proses sains siswa dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa  kelas XI SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas yaitu XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing siswa berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal yang terlebih dahulu divalidasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji analisis varian  (anava) dan uji t. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model inquiry training 70,71 lebih tinggi dibandingkan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional 58,81. Melalui uji hipotesis data yang menggunakan uji anava dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa (1) adanya pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki keterampilan proses sains di atas rata-rata dan di bawah rata-rata (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan konvensional dengan perbedaan keterampilan proses sains dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa. Setelah dilakukan uji anava dan didapatkan adanya interaksi antara model pembelajaran terhadap hasil belajar maka dilakukan uji lanjut yaitu uji t diperoleh bahwa ada perbedaan dengan menerapkan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 7. Berdasarkan uji anava dan uji t yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 7.

Kata Kunci: : inquiry training, keterampilan proses sains, hasil belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i4.17069

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.