EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS X SMA SWASTA AL-WASHLIYAH 1 MEDAN

Adlina Sembiring, Sondang R Manurung, Yuli Apriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran discovery learning berbantuan simulasi physics education and technology (PhET) terhadap hasil belajar siswa di kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMAS Al-Washliyah 1 Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban  sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 53,33 dan pada kelas kontrol 50,44. Berdasarkan hasil uji t diperoleh kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran discovery learning berbantuan simulasi PhET sebesar 72,67 sedangkan siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional 65,11. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t ada perbedaan hasil belajar siswa akibat  diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa. Sehingga model pembelajaran discovery learning berbantuan simulasi PhET berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: discovery learning, hasil belajar, PhET


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i4.17070

Article Metrics

Abstract view : 256 times
PDF - 249 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.