EFEKTIVITAS CROCODILE PHYSICS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI LISTRIK DINAMIS

Authors

  • Howard Situmorang Universitas Negeri Medan
  • Juniastel Rajagukguk Universitas Negeri Medan
  • Wijayanti Wijaya Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i4.17073

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berbantuan crocodile physics. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan two group pretest posttest design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 10 Medan dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling dengan sampel 30 orang siswa di kelas XII MIA 1 dan kelas XII MIA 3. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan berpikir kritis berupa uraian yang berjumlah 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen adalah 70,25 dan kelas kontrol adalah 63,25. Hasil analisis data menggunakan uji N-gain diperoleh data peningkatan kelas eksperimen sebesar 0,5 dalam kategori baik dan di kelas kontrol sebesar 0,4 dalam kategori baik.Kata Kunci: listrik dinamis, crocodile physics, kemampuan berpikir kritis

Downloads

Published

2020-02-12

Issue

Section

Articles