PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS

Pitri Kristin Sidabutar, Motlan Motlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa menggunakan model problem based learning (PBL) pada materi pokok momentum dan impuls. Jenis penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 12 Medan T.P 2017/2018. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling, dengan mengambil dua kelas dengan jumlah sampel masing-masing 36 siswa. Pengambian data menggunakan instrumen hasil belajar berupa tes uraian berjumlah 8 soal yang telah divalidkan dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Penelitian dimulai dengan sebelumnya memberikan pre-test pada sampel penelitian, lalu dilakukan kegiatan pembelajaran, dan terakhir pemberian post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis menggunakan uji t. Hasil uji t dari kedua kelas menunjukkan thitung> ttabelyang menandakan adanya pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas siswa pada pertemuan I hingga pertemuan III. Kesimpulan hasil penelitian dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.

Kata Kunci: : : problem based learning, aktivitas belajar siswa, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i4.17075

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.