PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Sartika Harahap, Abu Bakar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa di kelas XI dan untuk mengetahui pengaruh dari model discovery learning terhadap hasil belajar siswa di kelas XI. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah 2 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu  jumlah siswa 30 orang di kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan jumlah siswa 30 orang di kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu yang pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban  sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen observasi guru dan siswa selama melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 53,33 dan pada kelas kontrol adalah 50,44. Hasil pengujian hipotesis dua pihak diterima, yang berarti kedua kelas yang menjadi sampel penelitian memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen dengan model discovery learning sebesar 72,67 sedangkan siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh 65,11. Hasil pengujian hipotesis satu pihak diterima yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa akibat  diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa di kelas eksperimen kelas XI. Model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas.

Kata Kunci: discovery learning, hasil belajar, elastisitas zat padat dan hukum hooke


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i4.17077

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.