PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantu macromedia flash terhadap keterampilan proses sains (KPS) fisika siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Binjai. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu X MIA-3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-2 sebagai kelas kontrol dan diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ada 2, yaitu tes KPS dalam bentuk essay dengan jumlah 8 soal dan lembar observasi aktivitas KPS. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inquiry training terhadap KPS fisika siswa dan terdapat peningkatan aktivitas KPS yang signifikan dari setiap pertemuan. Berdasarkan uji gain yang ternormalisasi (N-gain) menunjukkan bahwa ada peningkatan KPS fisika siswa dengan menggunakan model inquiry training dalam kategori sedang.
Kata Kunci: : model inquiry training, keterampilan proses sains, macromedia flash
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i4.17078
Article Metrics
Abstract view : 132 timesPDF - 128 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.