PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTU MEDIA PHET TERHADAP KASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.A 2018/2019

Ahong Riski J Sitohang, Pintor Simamora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share  (TPS) berbantu media Physics Education Technology (PhET)  terhadap hasil belajar  siswa pada materi gelombang mekanik di Kelas XI Semester II SMA Negeri 7 Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI semester genap SMA Negeri 7 Medan  yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling masing masing berjumlah 33  orang dan diberikan perlakuan yang berbeda, kelas XI-IPA2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS  berbantu media PhET dan XI-IPA1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yakni tes objektif yang terdiri dari 20 item dan diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,06 dan kelas kontrol 65,78.  Berdasarkan analisis hasil penelitian ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS  berbantu media PhET terhadap hasil belajar  siswa materi Gelombang Mekanik di kelas XI  Semester II SMA Negeri 7 Medan T.A.2018/2019.

Kata Kunci: : model kooperatif tipe think pairs share ,hasil belajar , gelombang mekanik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17567

Article Metrics

Abstract view : 248 times
PDF - 206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.