PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Berton B Silalahi, Mariati Purnama Simanjuntak, Jessica Aprilyani Br Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe group investigation  terhadap hasil belajar siswa pada materi teori kinetik gas Kelas XI Semester II SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan T.A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas XI IPA-1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas XI IPA-2 dengan pembelajaran konvensional. Jumlah siswa masing-masing kelas berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk uraian dengan jumlah 8 soal yang sudah dinyatakan valid oleh validator dan lembar observasi aktivitas siswa yang dilakukan oleh dua observer. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t). Setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas maka dapat dikatakan ada pengaruh penggunaan model kooperatif tipe group investigation pada materi pokok Teori Kinetik Gas Kelas XI Semester II SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan T.A. 2016/2017.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe group investigation, Hasil belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17569

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.