PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Frikson Jony Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan metode diskusi. Penelitian dilaksanakan di Universitas Quality dengan subjek penelitian adalah mahasiswa kelas 2B24 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) tahun ajaran 2019/2020. Objek penelitian adalah penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas.Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, korelasi, uji t serta koefisien determinasi (R2).Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa  1) Uji t menunjukkan Ho ditolak, thitung > ttabel, yaitu 3,343 > 2,018 dan nilai signifikan < 0,05, yaitu 0,02 < 0,053) Hasil perhitungan untuk nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,255, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar PGSD UQ kelas  2B24 dipengaruhi oleh metode diskusi sebesar 0,255 atau 25,5% dan sisanya 74,5% dipengaruhi oleh faktor selain metode diskusi yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: : Hasil Belajar, Metode Diskusi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17571

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.