PENGARUH PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DENGAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA METHODIST 8 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran scientific inquiry dengan multirepresentasi terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pretest – Posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI semester I dengan sampel kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yang masing-masing berjumlah 37 siswa. Sampel kelas diambil dengan metode cluster random sampling. Desain penelitian ini adalah two group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay yang berjumlah 7 soal esai dan diperoleh hasil rata-rata pretes dan postes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 30,15 dengan 28,27 dan 66,84 dengan 51,35. Hasil uji t menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran scientific inquiry dengan multirepresentasi dan dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI SMA Swasta Methodist 8 Medan.
Kata Kunci: : scientific inquiry, multirepresentasi, keterampilan proses sains, Elastisitas dan Hukum Hooke.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17578
Article Metrics
Abstract view : 153 timesPDF - 170 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.