PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2016/2017

Ratna Sari Indah, Mariati Purnama Simanjuntak, Shanty S Pangaribuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training berbasis animasi flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-3 sebagai kelas kontrol. Desain penelitiaan adalah two group pretes-posstes. Instrumen yang digunakan adalah pilihan berganda dengan menggunakan lima option. Data postes yang diperoleh yaitu hasil rata-rata kelas eksperimen adalah 76,18 dan kelas kontrol adalah 48,15. Hasil uji beda dengan uji t nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran  inquiry training berbasis animasi flash mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P 2016/2017.

Kata Kunci: inquiry training, animasi flash, hasil belajar fluida statis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17579

Article Metrics

Abstract view : 135 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.