PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG BUNYI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 21 MEDAN T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi pokok gelombang bunyi kelas XI semester II SMA Negeri 21 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan sebanyak 4 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 33 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah control grup pretestt-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa essay sebanyak 10 soal yang telah valid oleh validator dan lembar observasi mengukur aktivitas keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,65 dan kelas kontrol 35,45. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 81,82 dan kelas kontrol adalah 72,12. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap KPS siswa pada materi pokok gelombang bunyi kelas XI semester II SMA Negeri 21 Medan T.P. 2018/2019.
Kata Kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, aktivitas
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17588
Article Metrics
Abstract view : 256 timesPDF - 179 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.