PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS X SEMESTER I SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.A 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah (KPM) fisika pada materi pokok fluida dinamis di kelas X SMK Swasta Teladan Medan T.A. 2018/2019. Jenis penelitian ini quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Teladan Medan yang terdiri dari 16 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen X TKJ-5 yang menggunakan model PBL dan kelas kontrol X TKJ-3 pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk uraian sebanyak 8 item untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah (KPM). Hasil penelitian sebelum pembelajaran dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 15,33 dan kelas kontrol 16,83. Hasik uji t menunjukkan bahwa kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes dengan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 76,83 dan kelas kontrol 72,50. Hasil pengujian hipotesis diperoleh pada taraf signifikan ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida dinamis di kelas X semester ganjil SMK Swasta Teladan Medan.
Kata Kunci: Problem based learning, kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran konvensional
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17589
Article Metrics
Abstract view : 401 timesPDF - 255 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.