PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN

Yohana Chintya Siregar, Nurdin Siregar, Fauzi Girsang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis kelas XI semester I SMA Negeri 5 Medan T.P 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Two Group Pretes – Postes. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 7 kelas paralel. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik random sampling yaitu XI MIA-2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran inquiry training dan XI MIA-1 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional dengan jumlah masing-masing kelas adalah 31 siswa. Data penelitian diperoleh dengan instrumen tes keterampilan proses sains dalam bentuk essay yang berjumlah 7 buah soal yang telah divalidkan terlebih dahulu. Kedua kelas dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Uji t-2 pihak, menyatakan bahwa kemampuan awal keterampilan proses sains kedua kelas adalah  sama. Uji t-1 pihak, menunjukkan adanya perbedaan keterampilan proses sains masing-masing kelas. Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training pada materi pokok Fluida dinamis di kelas XI semester I SMAN 5 Medan T.P 2018/2019.

Kata Kunci: inquiry training, fluida dinamis, keterampilan proses sains


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17590

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.